Langkah – Langkah Menjadi Guru yang Baik

Langkah – Langkah Menjadi Guru yang Baik

Guru dalam artian luas adalah seorang yang ahli dan mampu dalam bidang tertentu dimana mereka memiliki peran dan tugas sebagai seorang pengajar yang mendidik dan menyalurkan segala ilmu pengetahuan tertentu yang mereka miliki kepada para peserta didik yang mengikuti pelajaran tersebut dan mengembangkan bakat yang dimiliki oleh para peserta didik guna mencapai tujuan dari peserta didik itu sendiri yaitu kesuksesan dalam menggapai segala keinginan mereka. Seroang guru memiliki tugas tidak hanya sebagai seorang pengajar saja, namun guru juga harus menjadi teman, sahabat bahkan saudara bagi para muridnya agar dapat melakukan pendekatan secara psikologis guna memahami kadar kemampuan yang dimiliki murid dan mengembangkan serta memperbaiki segala sistem belajar dari si murid itu sendiri. Guru harus bisa memenuhi kewajibannya sebagai seorang pendidik tidak hanya dari segi bakat dan kemampuan yang diajarkan kepada murid saja, namun guru juga dituntut untuk memperbaiki akhlak dan norma-norma kebaikan dari murid didiknya agar mereka dapat hidup bersosialisasi dan bersaing di lingkungan masyarakat luas. Langkah-langkah menjadi guru yang baik tidak harus dipelajari saja oleh para guru, melainkan mereka juga harus membiasakan serta menerapkan segala aspek kebaikan yang terkandung dalam norma guna menjadikan guru sebagai seorang pengajar yang memiliki nilai kebaikan dimata para muridnya. Guru adalah pendidik yang memiliki kewenangan dan tanggung jawab penuh dalam meningkatkan kemampuan dan bakat yang dimiliki peserta didik. Guru yang baik akan senantiasa selalu memahami segala kekurangan murid dan berusaha untuk menjadikannya suatu hal yang harus diubah dan kembangkan dengan cara yang didasari dengan perhatian dan kasih sayang. Tentu saja seorang guru sudah semestinya memberikan suatu hal yang terbaik kepada para muridnya agar mereka tidak gagal dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pengajar dan pendidik. Mereka harus memiliki keahlian penuh mengenai cara berkomunikasi dan berinteraksi yang baik kepada para murid dan menjadikan segala media yang ada sebagai alat pendukung dari proses pembelajaran yang mereka lakukan.

Berdasarkan dari nilai dan norma yang terkandung dari segala hal tentang kebaikan, guru memiliki tugas utama yang memang dikatakan cukup sulit untuk dipenuhi oleh kebanyakan guru, yaitu mengajar dengan penuh kesabaran tinggi. Untuk menjadi sabar memang hal yang berat dilakukan, karena sehebat apapun guru, mereka tetap saja seorang manusia yang penuh dengan kesalahan. Langkah-langkah menjadi guru yang baik yang akan penulis jelaskan ini tidaklah berbeda dari langkah lainnya yang sebelumnya telah dijelaskan di artikel sebelumnya mengenai guru professional dalam mengajar, karena seorang guru yang baik sudah pasti mereka akan bersikap professional dalam memberikan pendidikan kepada muridnya. Adapun tugas utama dari seorang guru selain dari seorang pendidik, mereka juga dibebankan untuk dapat melihat murid dari segi psikologis dimana guru dituntut untuk menjadi seorang pengajar yang sesuai dengan apa yang diharapkan oleh peserta didik. Hal itu tentu sangat tidak mudah untuk bisa dicapai, karena banyak sekali konsekuensi yang harus dipenuhi sebagai seorang guru yang baik. Untuk itulah sebagai seorang guru, perlulah Anda semua untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan agar hal tersebut bisa tercapai. Berikut penjelasan dari langkah-langkah menjadi guru yang baik :

  • Niat yang Tulus

Jangan jadikan profesi seorang guru itu hanya sebagai pekerjaan putus asa saja. Artinya, Anda berprofesi sebagai guru bukan karena tidak ada pekerjaan lain lagi yang bisa Anda lakukan. Jadikan kegemaran ini sebagai tugas penting dan apa yang Anda cita-citakan selama ini. Perlu Anda ketahui bahwa profesi sebagai seorang guru itu bukan suatu hal yang mudah untuk dilakukan, namun hal itu sangat sulit untuk diwujudkan. Apalagi memiliki tugas sebagai guru itu selalu dihadapkan dengan orang yang memiliki karakteristik dan kemampuan yang berbeda. Anda harus memahami hal itu, bahwa akan sangat melelahkan rasanya menjadi seorang pengajar dari pada bidang profesi lainnya. Namun hal itu akan terasa sangat mudah dan bahkan akan membuat Anda merasa terus bersemangat setiap harinya jika Anda berprofesi sebagai guru dengan niat yang tulus dan ikhlas di dalam lubuk hati Anda yag paling dalam. Jadi, sebelum Anda memilih profesi ini perlu terlebih dulu untuk meluruskan niat yang tulus agar bisa menjalankan tugas sebagai guru dengan baik dan lancar tanpa adanya kesulitan.

  • Belajar untuk Menjadi Pribadi yang Baik

Langkah-langkah menjadi guru yang baik berikutnya adalah terus belajar guna menonjolkan pribadi yang baik dan professionalitas. Bukan hanya murid saja yang dituntut untuk terus belajar agar menjadi orang yang sukses dan berkembang, namu guru juga perlu belajar agar kepribadian yang baik dapat mereka miliki tanpa adanya keterpaksaan. Jika niat yang tulus sudah Anda miliki, maka akan mudah rasanya bagi Anda untuk terus meningkatkan kemampuan dan nilai kebaikan Anda dengan cara belajar dan terus belajar. Anda tidak harus belajar melalui media cetak saja, tapi Anda bisa belajar berdasarkan pengalaman dan aktivitas keseharian yang Anda jalani. Dengan profesi Anda sebagai seorang pendidik, pastinya banyak pengalaman yang akan didapatkan nantinya dan akan menjadi pelajaran bagi Anda untuk lebih meningkatkan kualitas dan nilai kebaikan didalam diri Anda.

  • Jangan Jadikan Profesi Sebagai Alat Untuk Bertindak Sesuka Hati

Anda memang memiliki kendali penuh dan kewenangan tertinggi didalam proses pembelajaran. Namun jangan jadikan hal itu sebagai alat untuk menguasai peserta didik dan bertindak sesuka hati Anda saja. Anda pasti tau bahwa yang perlu dibimbing dalam hal ini adalah murid, namun akan lebih baik lagi jika Anda berpikir bahwa yang perlu dibimbing bukanlah hanya murid saja, akan tetapi sebagai pengajar Anda juga butuh bimbingan. Anggaplah murid sebagai orang yang juga memiliki pengetahuan tertentu juga, dan Anda juga mesti belajar banyak dari para murid tersebut.

  • Jangan Merasa Selalu Benar di Hadapan Murid

Pada umumnya memang selalu berlaku pasal 1 dan pasal 2, dimana pada pasal 1 berisikan ‘guru itu selalu benar’ dan di pasal 2 berisikan ‘jika guru terbukti bersalah, maka dikembalikan lagi ke pasal 1’. Hal itu sungguh tidak masuk diakal dan diluar nalar dimana guru yang salah selalu benar dan dianggap tidak pernah salah. Langkah-langkah menjadi guru yang baik tidaklah merangkum mengenai guru yang harus tampil selalu perfect dan tidak pernah melakukan kesalahan. Jika Anda merasa bahwa apa yang Anda jelaskan kepada para murid itu salah dan jika pendapat Anda memang salah, maka akuilah hal itu dihadapan para murid. Manusia tidak ada yang sempurna. Guru hanya seorang manusia yang selalu banyak melakukan kesalahan.

Bagi Anda yang ingin mengetahui info lebih lanjut mengenai langkah-langkah menjadi guru yang baik, Anda dapat menghubungi kami sebagai penyelenggara program belajar bahasa Inggris yang professional melalui telephone/SMS/WA ke nomor 087885296161/ 081280255466 atau Anda dapat mengirimkan pesan melalui email excellentinhousetraining@gmail.com .(SM)

www.excellentinhousetraining.com

Terima kasih telah membaca artikel tentang Langkah Langkah Menjadi Guru yang Baik ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *